Pemrograman MATLAB

| Minggu, 14 Maret 2010

MATLAB adalah sebuah bahasa dengan (high-performance) kinerja tinggi untuk komputasi masalah teknik. MATLAB mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu model yang sangat mudah untuk pakai dimana masalah-masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematika yang familiar. Penggunaan MATLAB meliputi bidang–bidang:

1. Matematika dan komputasi
2. Pembentukan algorithm
3. Akusisi Data
4. Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype
5. Analisa data, explorasi, dan visualisasi
6. Grafik keilmuan dan bidang rekayasa

MATLAB merupakan suatu sistem interaktif yang memiliki elemen data dalam suatu array sehingga tidak lagi kita dipusingkan dengan masalah dimensi. Hal ini memungkinkan kita untuk memecahkan banyak masalah teknis yang terkait dengan komputasi, kususnya yang berhubungan dengan matrix dan formulasi vektor, yang mana masalah tersebut merupakan momok apabila kita harus menyelesaikannya dengan menggunakan bahasa level rendah seperti Pascall, C dan Basic.

Nama MATLAB merupakan singkatan dari matrix laboratory. MATLAB pada awalnya ditulis untuk memudahkan akses perangkat lunak matrik yang telah dibentuk oleh LINPACK dan EISPACK. Saat ini perangkat MATLAB telah menggabung dengan LAPACK dan BLAS library, yang merupakan satu kesatuan dari sebuah seni tersendiri dalam perangkat lunak untuk komputasi matrix. Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika, rekayasa dan kelimuan. Di industri, MATLAB merupakan perangkat pilihan untuk penelitian dengan produktifitas yang tingi, pengembangan dan analisanya.


Pada bagian-bagian tertentu dari MATLAB, terdapat kemiripan dengan bahasa pemrograman yang lain, seperti Turbo Pascal, Fortran, Turbo C, dan sebagainya. Contoh perintah yang dapat dituliskan dalam program M-File adalah sebagai berikut :



Jika program di atas dijalankan, maka akan dapat dihasilkan seperti sebagai berikut :



Perintah yang ada setelah tanda *%" tidak akan dijalankan karena hanya berupa komentar, biasanya ditunjukan untuk menjelaskan perintah sebelum atau sesudahnya.
Dalam Tugas Akhir ini, MATLAB digunakan untuk menghitung kuat medan listrik dan medan magnet di bawah saluran transmisi. Rumus-rumus yang telah didapatkan dalam bagian sebelumnya, dimasukkan ke dalam bentuk program MATLAB yang disimpan dalam bentuk M-File. Hasilnya akan didapat dengan menginputkan data-data yang diperlukan untuk perhitungan. Hasil yang didapat itu kemudian divisualisasikan ke dalam bentuk grafik kuat medan listrik dan medan magnet di bawah saluran transmisi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]